Unsplashed background img 1


Home / Blog

PERSADA Adakan Kegiatan Roleplay Pembinaan, Perkuat Profesionalisme Petugas Keamanan (Security Services)

By : Web Administrator



PT Personel Alih Daya Tbk (PERSADA) menyelenggarakan sesi pembinaan khusus bagi tenaga petugas keamanan (Security Services) dengan pendekatan menggunakan roleplay inovatif. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin dan profesionalisme kerja dari petugas keamanan yang ditempatkan di klien/mitra PERSADA demi terciptanya lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Selain itu dalam roleplay memperagakan juga bagaimana sikap, tindakan petugas keamanan (security services) menghadapi dan membantu tamu disabilitas. Pembinaan ini diadakan pada 18 Juni 2025, yang berlangsung di kantor PERSADA.

GH Bisnis Unit Security Services PERSADA, Yeni Yuliani menyampaikan "Profesionalisme dan disiplin adalah dua pilar utama dalam tugas keamanan. Melalui simulasi roleplay ini, kami ingin memastikan setiap petugas keamanan yang ditempatkan di klien/mitra, tidak hanya memahami teori tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam berbagai skenario nyata di lapangan, termasuk mengatasi potensi indisipliner".

“Roleplay ini bukan hanya sekadar latihan, tetapi juga refleksi bersama tentang bagaimana kita bisa terus berbenah dan memberikan layanan keamanan yang prima, bebas dari celah indisipliner, serta dapat membangun kesadaran kolektif akan pentingnya disiplin dan tanggung jawab pribadi” ujar Yeni Yuliani.

Sesi roleplay ini secara khusus mensimulasikan berbagai situasi /skenario yang mungkin dihadapi petugas keamanan, seperti :

  • Ketepatan waktu dan persiapan tugas: Bagaimana menghadapi keterlambatan atau kelalaian dalam persiapan shift.
  • Kerapihan penampilan dan penggunaan seragam: Simulasi teguran dan perbaikan standar penampilan.
  • Kepatuhan terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP): Melatih respons terhadap pelanggaran SOP seperti tidak mencatat tamu, atau melewatkan patroli rutin.
  • Fokus dan kewaspadaan saat bertugas: Mensimulasikan situasi di mana fokus terpecah atau ada indikasi kelalaian seperti tertidur.
  • Penanganan keluhan dan komunikasi efektif: Melatih cara merespons keluhan dari penghuni/pengunjung/visitor/tamu secara profesional.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan PERSADA dalam investasi kualitas jasa outsourcing (petugas keamanan/Security Services), dan memastikan seluruh tim keamanan dilengkapi dengan keterampilan dan mentalitas terbaik untuk menjalankan tugasnya secara optimal.


DATE
18 June 2025

CATEGORY
BERITA

SHARE

        

Kembali ke Blog >>


 


 


 
headset_mic